|
Wikipedia |
Assalamualaikum, Halo semua pasti kalian menegetahui mesin diesel. baik itu di di mobil, traktor, mesin pabrik dan yang lainya, kami akan membagikan kisah rudolf c.k diesel hingga akhirnya menciptakan mesin diesel.
Rudolf Christian Karl Diesel lahir di paris tanggl 18 maret 1858. walapupun lahir dan tinggal di prancis, keluarga diesel sebenarnya berasal dari jerman, yang saat itu masih di sebut prusia. sejak kecil, ia memang sudah dididik dengan sangat disiplin! diatambah lagi, ia juga sangat rajin dal selalu ingin tahu.. di masa sekolah nya ia selalu mendapatkan penghargaan dan beasiswa. kegemaranya adalah bereksperimen di laboratorium kimia, ia juga suka mengunjungi galeri - galeri seni, dan menghabiskan waktunya di toko mesin. dan pada 14 tahun ia bercita - cita menjadi insinyur.
Rudolf pernah tak berhasil lulus ujian akhir di perguruan tinggi. di karenakan saat hari ujian Rudolf terkena tifus! tapi kejadian itu tidak memebuat berkecil hati, karena ia masih beisa mengikuti ujian berikutnya. dengan kemauan keras dan ketekunanya, Rudolf berhasil lulus di tahun berikutnya. Setelah lulus Rudolf tidak langsung sukses merancang mesin diesel, berkali kali ia melakukan percobaan, bahkan suatu percobaan gagal dan ia mengalami luka parah.
Mesin diesel merupakan puncak dari hasil penelitiannya, sebelumnya ia suskses menciptakan mesin pembuat es bening , dan mendapatkan hak patenya pada tahun 1881. Kemudian Rudolf melihat, bahwa mesin berbahan bakar bensin yang saat itu di gunakan di pabriknya sangat boros, mesin itu dikenal otto. Menurut perhitunganya, dengan mesin itu energi yang di hasikan hanya 10% dari kapasitatas bahan yang di gunakanya dengan kata lain 90% dari bahan bakar itu di buang percuma. sifat hemat yang tak suka membuang segala sesuatu dengan sia - sia mendorong rudolf untuk menyempurnakan mesin OTTO dan merangcang sebuah mesin yang lebih efektif dan hemat bahan bakar.
Akhirnya Rudolf Diesel sukses merancang mesin tersebut dengan menmanfaaatkan hukum termodinamika mesin itu dikenal dengan sebutan internal combustion engine. mesin yang nantinya akan menjadi dasar berkembangnya mesin diesel yang kita kenal sekarang. ia selain ingin membuat mesin yang lebih efektif, Rudolf juga ingin membuat mesin yang bisa berkerja tanpa bahan bakar bensin, yang saat itu haragnya sangat mahal sehingga pengusaha kecil dapat mengunakanya. Setelah Rudolf berhasil mendapatkan mesin diesel pada tahun 1892, dan kemudian juga mendapatkan pabrik untuk model mesin itu, banyak perusahaan yang berebut untuk membeli hak paten pembuatan mesin tersebut.
Bukan hanya perusahaan dari jerman saja, bahkan perusahaan amerika serikat, inggris, juga swiss, berusaha untuk memilik hak paten mesin tersebut.